Cara Melakukan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (Verval PD)
MS | 22 Juni 2023 | Dibaca 135432 kali

Hai Sahabat Operator Sekolah.... Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiat dan senantiasa dilindungi Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalani setiap aktifitas kesehariannya. 
Terkadang ada beberapa Peserta Didik mengalami kesalahan input data pada aplikasi Dapodik dan yang pasti dat tersebut akan INVALID atau SILANG MERAH atau bahkan data tersebut tidak akan ditemukan ketika kit cari, karena salah input datanya.

Lantas apa yang harus dilakukan Sahabat Operator ? Sebelum menetukan cara bagaimana memperbaiki kesaahan tersebut, kita bahasa dulu, apasih tujuan dari Verval PD itu sendiri ?

Tujuan verval peserta didik Kemdikbud (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi) adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik di tingkat nasional. Verval peserta didik adalah proses yang dilakukan untuk memastikan keabsahan data peserta didik yang tercatat dalam Sistem Penilaian Nasional (SPN) dan Basis Data Pendidikan Nasional (BDPN).

Berikut adalah beberapa tujuan verval peserta didik Kemdikbud :

  1. Memastikan keakuratan data: Verval peserta didik bertujuan untuk memverifikasi dan memvalidasi data peserta didik, seperti identitas, alamat, orang tua/wali, jenjang pendidikan, dan lain-lain. Hal ini penting untuk memastikan bahwa data yang ada di SPN dan BDPN adalah akurat dan sesuai dengan kondisi aktual peserta didik.
  2. Menjamin kualitas pendidikan: Dengan melakukan verval peserta didik, Kemdikbud dapat memantau dan menganalisis data pendidikan secara menyeluruh. Data yang akurat dan terverifikasi dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah dan kebutuhan pendidikan di tingkat nasional, sehingga tindakan perbaikan yang tepat dapat diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Mengoptimalkan alokasi sumber daya: Dengan memiliki data peserta didik yang valid dan terverifikasi, Kemdikbud dapat mengoptimalkan alokasi sumber daya pendidikan, seperti anggaran, guru, fasilitas, dan program pendidikan lainnya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa sumber daya tersebut dapat dialokasikan secara efisien dan tepat sasaran.
  4. Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas: Verval peserta didik juga bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam sistem pendidikan. Dengan memiliki data yang akurat dan terverifikasi, pihak-pihak terkait, seperti sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat umum, dapat memiliki akses yang lebih baik terhadap informasi pendidikan yang objektif dan dapat dipercaya.

Nah... Sekarang cara memperbaiki kesalahan bagaimana ? ada 2 (dua) cara yang bisa kita lakukan ya Sahabat, yaitu :

  1. Melalui Situ Verval PD New (Verval Peserta Didik)
  2. Melalui Dinas Catatan Sipil (Dukcapil)

Point 1 :



Point 2 : 



Demikian, semoga bermanfaat.... 

BAGIKAN :



Komentar
img
Putri Mayang sari
17 Januari 2024 19:29:43

Minta solusi cara mendapat kan.nober nis

Putri Mayang sari
MS
21 Februari 2024 15:03:08

@Putri Mayang sari, NIS kewenangan Satuan Pendidikan (Sekolah) Kak...

img
Pangestuti rahayu
10 Januari 2024 10:37:31

Paswerd lupa

Pangestuti rahayu
MS
21 Februari 2024 15:07:00

@Pangestuti rahayu, silakna reset secara mandiri pada sdm.data.kemdikbud.go.id

Berikan Komentar

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin